subrutin
a sequence of programmer life

Advertisement

Memahami Inversion of Control vs Dependency Injection Pada Spring Framework

0 728

Sebelum lebih jauh mempelajari dan membangun aplikasi Java mengenai  Spring Framework, terlebih dahulu penulis akan mengulas mengenai konsep dasar dari Spring Framework yaitu Inversion of Control, dan Dependency Injection.  Kedua istilah tersebut sering dibahas di banyak buku yang membahas tentang Spring namun masih sedikit developer Java yang memahami istilah tersebut dan mengetahui apa perbedaan dari keduanya.

Advertisement

Di banyak tulisan atau artikel yang berbahasa indonesia memang ada beberapa yang membahas mengenai Spring Framework tapi masih jarang (jika tidak ingin dibilang tidak ada) penulis yang mau membahas konsepnya dengan sangat mendasar. Itulah mengapa penulis ingin memulai terlebih dahulu dengan pembahasan ini.

  • Inversion of Control

Inversion of Control jika diterjemahkan secara literer berarti “pembalikan kendali”. Maksudnya, secara istilah,  adalah membalik (atau memindahkan) kendali (atau tanggung jawab) pengelolaan object yang semula dilakukan oleh program dipindahkan ke Framework atau Container.

Misalkan, Terdapat sebuah class bernama Karyawan seperti berikut

public class Karyawan {
	private int id;
	private String name;
	private String country;
	//get set is omitted
	
	
}

Biasanya, untuk membuat object dari class Karyawan, digunakan sintaks new seperti berikut

Karyawan karyawan = new Karyawan()

Nah, IoC adalah teknik dalam software engineering yang  memindahkan tanggung jawab pembuatan dan pengelolaan object tidak lagi di code melainkan  di framework dan Container.

Lalu apa itu Container?

Di dalam terminologi software development istilah Container digunakan untuk  menjelaskan komponen yang dapat menampung ( contain ) komponen – komponen lain di dalamnya. Misalnya Apache Tomcat adalah Web /  Container yang menampung servlet. Sedangkan JBoss disebut sebagai application server / container, yang juga merupakan   EJB Container.

Apache Tomcat, Servlet Container

Container bertugas membuat object dan mengkonfigurasi serta menghubungkan ke code yang memerlukan, juga mengelola keseluruhan daur hidup object – object tersebut

Advertisement

  • Spring Container

Jika pembaca telah memahami apa itu Container, maka akan menjadi mudah mengerti apa itu Spring Container. Spring Container adalah komponen sentral dari Spring Framework yang berfungsi menampung semua komponen object (kemudian disebut, spring bean) dan menangani daur hidupnya secara keseluruhan.

Untuk mengenali masing – masing beans yang ada di dalam Container, Spring menggunakan konfigurasi metadata yang dapat direpresentasikan dalam format XML atau dalam bentuk anotasi java. Hal ini mirip dengan Apache Tomcat yang merupakan servlet container, juga membaca web.xml  untuk mengidentifikasi servlet mana yang akan dibentuk.

  • Dependency Injection

Dependency Injection (DI) adalah design pattern  di dalam software engineering modern yang  sangat penting untuk memudahkan sebuah program untuk dibuat unit test-nya. kebalikan dari  DI adalah  hardcoded dependencies.

Dalam banyak referensi juga disebutkan bahwa DI adalah salah satu implementasi dari IoC, atau bagaimana teknis dari konsep IoC diterapkan.

Misalkan terdapat class Perusahaan yang punya dependensi terhadap kelas Karyawan, jika digunakan hardcoded dependency maka ditulis sebagai berikut

public class Perusahaan 
{
     private Karyawan karyawan = new Karyawan();
  
}

dengan DI menjadi sebagai berikut

public class Perusahaan 
{
	private Karyawan karyawan;
	
	public Perusahaan(Karyawan karyawan){
		this.karyawan=karyawan;
	}
  
}

 

Mengelola DI dengan pendekatan “tradisional” akan membuat keseluruhan program semakin rumit. Dalam contoh ini, diperlukan class lain, untuk membuat object Karyawan dan menginjeksikannya ke kelas Perusahaan misalnya PerusahaanService

public class PerusahaanService {

	private Perusahaan perusahaan;

	public PerusahaanService() {

		Karyawan karyawan =new Karyawan();
		this.perusahaan = new Perusahaan(karyawan);
	}
	
}

Code tersebut menyebabkan kerumitan lain, karena  kini terdapat dependensi antara PerusahaanService dan Karyawan, sebuah hal yang tentu tidak diinginkan. Belum lagi, dependensi antara PerusahaanService dengan objectPerusahaan

Namun ini bukan berarti design pattern tersebut gagal. DI adalah implementasi bagaimana  IoC diterapkan. Yang perlu dilakukan adalah memindahkan tanggungjawab (atau bahasa teknisnya, inversion of Control) injeksi dependensi dari yang semula dilakukan code menjadi dilakukan  oleh Framework.

Advertisement

  • Depency Injection X Inversion of Control

Dengan menggunakan IoC, Dependency akan dikelola oleh  IoC Container sehingga IoC Container – lah yang akan membuat object Karyawan dan menginjeksikan object tersebut ke  Perusahaan.

 

Spring IoC Container direpresentasikan oleh interface org.springframework.context.ApplicationContext yang bertanggungjawab membentuk instance, melakukan konfigurasi hingga merakit beans.


<?xml version="1.0" encoding="UTF-8"?>
<beans xmlns="http://www.springframework.org/schema/beans" xmlns:xsi="http://www.w3.org/2001/XMLSchema-instance" xmlns:context="http://www.springframework.org/schema/context" xsi:schemaLocation="http://www.springframework.org/schema/beans http://www.springframework.org/schema/beans/spring-beans-4.3.xsd http://www.springframework.org/schema/context http://www.springframework.org/schema/context/spring-context-4.3.xsd">


	<bean id="karyawan" class="com.subrutin.belajarspring.domains.Karyawan">
		<property name="country" value="Indonesia" />
		<property name="id" value="1" />
		<property name="name" value="Bambang" />
	</bean>
	<bean id="perusahaan" class="com.subrutin.belajarspring.domains.Perusahaan">
		<constructor-arg ref="karyawan" />
	</bean>
</beans>

Jika pembaca baru belajar Spring Framework, konfigurasi tersebut akan nampak tidak familiar, namun setelah beberapa saat anda membaca, konfigurasi tersebut akan mudah dipahami. Pada baris 5-9, spring akan membuat object karyawan dengan nilai yang diatur pada tag property

Pada baris 10-12, Spring akan menyuntikkan (inject) object Karyawan ke kelas Perusahaanmelalui argumen pada Constructor.

Pembaca dapat mengunduh source code dari program yang dibahas pada tulisan ini di tautan berikut


https://github.com/detik19/belajar-spring-00
0 forks.
0 stars.
0 open issues.
Recent commits:

 

advertisement

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.