subrutin
a sequence of programmer life

Advertisement

Belajar Python Menggunakan Google Colaboratory

0 62

Dalam artikel yang berjudul Belajar Numpy dengan Anaconda : Memulai Menjalankan Program yang lalu, tentu pembaca sudah tidak asing lagi dalam menggunakan Jupyter Notebook, yang merupakan environment yang dapat digunakan untuk memprogram Python yang dapat diakses melalui web browser.

Advertisement

Kali ini subrutin akan memperkenalkan kepada pembaca tentang Google Colaboratory yang tidak lain merupakan Jupyter Notebook berbasis cloud  yang disediakan gratis oleh Google. Dengan menggunakan Google Colaboratory, programmer dapat melatih program machine learning dan deep learning menggunakan CPU, GPU dan TPU yang disediakan oleh Google, dan memungkinkan kolaborasi dengan programmer lain via jaringan internet.

Dengan menggunakan Google Colaboratory, programmer mendapatkan akses hardware di cloud secara gratis dengan spesifikasi GPU K80 dan Memori 12GB dengan runtime maksimal 12 jam. Jika menginginkan spesifikasi lebih tinggi, dapat diupgrade dengan menggunakan versi Pro dengan harga sekitar 10 USD perbulan dengan perbandingan sebagai berikut

Price GPU Runtime Memory
Colab Free K80 Up to 12 hours 12GB
Colab Pro $9.99/m (sebelum pajak) T4 & P100 Up to 24 hours 25GB with high memory VMs

Advertisement

 

  • Menginstal Google Colaboratory

Untuk memulai menginstal Google Colaboratory, di halaman google drive loginlah menggunakan akun google yang dimiliki. Lalu pilih New > More > Connect More Apps. Kemudian pada kotak pencarian G Suite Marketplace, ketikan “Colaboratory“. Klik hasil pencarian yang muncul lalu pilih Instal untuk mulai menginstal pada akun  Google Drive

  • Memulai Google Colaboratory

Setelah Google Colaboratory terinstal pada google drive. Kini masuk ke akun google drive. Klik New > More > Google Colaboratory. Sebuah jendela baru Google Colaboratory dengan nama Untitled0.ipynb. Secara tampilan, Google Colaboratory akan mirip dengan Jupyter Notebook, perbedaanya ada pada logo CO yang muncul pada pojok kiri atas, dan aplikasi di jalankan secara runtime di server milik Google.

 

advertisement

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.