subrutin
a sequence of programmer life

Advertisement

Tutorial Spring Framework -1 : Pertemuan Pertama

0 517

Spring Framework barangkali adalah framework java yang paling berpengaruh dan tumbuh dengan cepat. Setiap programmer Java yang akan membangun sebuah aplikasi baru akan menjadikan  Spring Framework (setidaknya) sebagai pertimbangan dalam membangun aplikasi java mereka.

Advertisement

Karena itu bagi seorang developer java, penguasaan akan Framewok yang satu ini  sangatlah penting. Dikarenakan Spring Framework sudah dianggap menjadi standar de facto dalam membangun sebuah aplikasi java berskala enterpise.

Dalam tulisan ini, penulis akan membahas mengenai pengantar awal tentang apa itu Spring Framework, sejarah dan konsep awal yang mendasari Spring Framework. Pemahaman ini meskipun sepele akan, sangat berguna sebagai pondasi untuk memulai belajar Framework yang satu ini

  • Apa itu Spring Framework

Biasanya Spring digambarkan sebagai framework  open source yang bersifat ringan yang digunakan untuk membangun Aplikasi Java.

  • Sejarah

Spring Framework berawal dari tulisan di  sebuah buku Expert One – on – One : J2EE Design and Development oleh Rod Johson di tahun 2002. Buku tersebut berisi 30.000 baris kode yang berisi konsep fundamental  dari Inversion of Control (IoC) dan Dependency Injection (DI) dari framework.

Rod Johnson, Initiator Spring Framework

Awalnya Rod Johnson menulis program tersebut tidak  untuk membangun sebuah framework baru melainkan hanya  ditujukan  memudahkan kerja para developer java. Namun pada diskusi online di Forum Wrox, Juergen Horller dan Yann Caroffa, dua pembaca buku tersebut, mengusulkan untuk menjadikan code tersebut sebagai dasar dari pembuatan framework baru.

Advertisement

Spring the fresh new start after Winter of Traditional J2EE

~ Yann Caroffa

Demikian akhirnya framework tersebut dinamai Spring Framework.  Framework tersebut kemudian dipublikasikan pada Juni 2003 dan mencapai versi 1.0 pada 2004 lalu dengan cepat diadopsi oleh banyak programmer  Java untuk menggantikan Java EE yang dinilai sulit untuk digunakan.

  • Modul – Modul di dalam Spring Framework

Spring Framework terdiri dari berbagai modul, setidaknya ada 20 modul (dan terus bertambah)  yang beberapa diantaranya dapat dirangkum menjadi beberapa modul yang diilustrasikan dalam bagan berikut

  • Spring Core Container: Merupakan modul yang paling utama di dalam “Spring Universe”. Spring Core Container terdiri dari modul core, beans, context dan expression-languages, menyediakan Inversion of Control (IoC) dan
  • Spring AOP (Aspect Oriented Programming) : merupakan satu  modul utama yang menyediakan implementasi dari AOP
  • Spring Data Access/Integration : Modul ini menyediakan berbagai dukungan yang memudahkan seorang programmer bekerja dengan aplikasi database.
  • Spring Web: Modul untuk membangun aplikasi web yang terdiri dari Web, Servlet, Struts dan Portlet
  • Spring Test: : Modul Spring yang digunakan untuk membuat unit test untuk aplikasi yang dikembangkan dengan Spring Framework. Dapat diintegrasikan dengan JUnit, ataupun TestNG

Dalam tulisan berikutnya, subrutin akan membahas mengenai bagaimana membuat program pertama menggunakan Spring Framework.

advertisement

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.