subrutin
a sequence of programmer life

Advertisement

AdoptOpenJDK Kini Menjadi Eclipse Adoptium

0 26

Sebagai sebuah project open source, Java tidak hanya sebatas dikembangkan secara eksklusif oleh Oracle, -perusahaan yang mengakuisisi Sun Microsystem, namun juga dikembangkan oleh sebuah  komunitas OpenJDK Community. Sehingga meskipun mulai Java 11, Oracle tidak lagi menyediakan JDK secara cuma – cuma untuk pengguna komersial. Programmer masih dapat melirik alternatif openjdk yang dirilis oleh berbagai vendor termasuk OpenJDK milik Red Hat yang pernah diulas subrutin pada tulisan yang lalu

Advertisement

Salah satu komunitas yang juga menyediakan OpenJDK secara cuma – cuma adalah AdoptOpenJDK. Pada komputer milik penulis salah satunya menggunakan AdoptOpenJDK sebagai platform java alternatif selain milik Red Hat, hal ini dikarenakan ketersediaan dukungan sistem operasi yang lebih luas ketimbang OpenJDK milik Red hat (OpenJDK Red Hat tidak menyediakan OpenJDK untuk sistem Operasi Mac OS, sementara AdoptOpenJDK menyediakannya )

Kabar terbaru menyebutkan bahwa project AdoptOpenJDK kini berpindah pengelolaan ke Eclipse Foundation dan menjadi Eclipse Adoptium. Technical steering comitee  (TSC) AdoptOpenJDK telah mengonfirmasi kabar ini, melalui sebuah postingan blog.

Advertisement

Project Adopt disponsori oleh London Java Community, meskipun secara struktural dan hukum juga didukung  banyak sukarelawan dan perusahaan sponsor. Dengan berpindahnya project ini ke Eclipse, project Adopt dapat berfokus kepada misinya sementara dukungan sponsor didelegasikan ke Eclipse Foundation yang merupakan anggota  Java Community Process Executive Committee.

Alasan mengapa Eclipse Foundation yang dipillih adalah karena Eclipse Foundation yang kini bermarkas di Eropa telah menjadi rumah sejak lama dari banyak project open source yang ditulis dengan banyak bahasa pemrograman . Selain itu Eclipse Foundation memiliki kebijakan hak cipta dan hukum yang kuat dipandang akan membantu mengamankan keterbukaan OpenJDK di masa depan.

Advertisement

Begitupula alasan mengapa nama project diubah menjadi Eclipse Adoptium, salah satu alasannya karena permasalahan hak cipta nama OpenJDK yang menjadi hak cipta dari perusahaan Oracle.

Dengan hadirnya Eclipse Adoptium di dalam satu rumah bersama Eclipse, akan ada kemungkinan kedepannya, Eclipse IDE akan dibundling dengan Adoptium. Mengingat sekarang, Eclipse IDE dilarang untuk membundling (redistribusi) IDE – nya dengan JDK Oracle secara cuma – cuma. Intelij IDEA dan IDE lain yang membundling  binary JDK Oracle diharuskan membayar sejumlah biaya untuk lisensi.

 

advertisement

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.