subrutin
a sequence of programmer life

Advertisement

Pilih mana, OpenJDK atau Oracle JDK ?

0 3,713

Biasanya mereka yang baru belajar bahasa pemrograman Java akan bingung dengan berbagai macam versi JDK yang beredar. Bagi pengguna Linux, biasanya OpenJDK akan menjadi JDK default.  Lalu mana yang sebaiknya diinstal? Apa perbedaan keduanya?

Advertisement

Jawaban cepat yang biasa terlintas adalah OpenJDK itu bersifat opensource (merujuk kata Open yang disematkan) sedangkan Oracle JDK bersifat propretiary, dimiliki oleh Oracle, yang awalnya bernama Sun JDK. Bahkan Untuk Oracle JDK 11 sendiri, akan mulai dikenakan layanan berbayar khusus untuk penggunaan komersial di Server.

Persamaannya,  kedua JDK tersebut adalah implementasi dari spesifikasi java yang sama yang telah lolos JTCK (Java Technology Certification Kit), dan Oracle JDK sendiri merupakan turunan dari OpenJDK. Selain Oracle, banyak vendor lain yang membuat implementasi Java dan lolos JTCK.  Misalnya IBM J9, Azul Zulu, Azul Zing

Sebagian besar vendor tersebut membangun JDK – versinya diatas OpenJDK dengan beberapa perubahan dan penyesuaian bergantung kepada kebutuhan tertentu yang berbeda – beda di setiap vendor.

Uwe Schindler , anggota Apache Lucene PMC dan Kontributor Project OpenJDK dalam suatu sesi wawancara dengan JAXCenter mengatakan

The Java Core has been the same for OpenJDK Builds and Oracle Builds since Java 7, so you could easily change between versions starting from Java 7. At least when working in server environments. So yes, one could say “Java is open source” to that.

Uwe Schindler, Apache Lucene PMC Member and Contributor of the OpenJDK Project,

Ya, terlebih proses development dan perbakan bug dilakukan OpenJDK kemudian baru menyebar ke Oracle JDK. Begitupula perbaikan masalah kemanan biasanya tidak seperti perbaikan umum, biasanya dilakukan di Oracle JDK baru kemudian menyebar ke OpenJDK

Jadi, karena secara teknis sama, maka  programmer dapat menggunakan versi JDK mana saja sesuai kebutuhan, apakah OpenJDK atau Oracle JDK. Jika pengguna sistem operasi Windows, mungkin lebih mudah menggunakan Oracle JDK karena belum adanya build resmi untuk OpenJDK. Untuk pengguna sistem operasi Linux, menggunakan OpenJDK bukanlah masalah.

advertisement

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.